Ini Alasan Dahlan Iskan Cabut 2 Oknum yang Diduga Pemeras BUMN

Written By Unknown on Rabu, 21 November 2012 | 13.48

Ini Alasan Dahlan Iskan Cabut 2 Oknum yang Diduga Pemeras BUMN TRIBUN/DANY PERMANAMantan Dirut PLN yang kini menjabat Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan, menghadiri rapat dengar pendapat bersama Komisi VII DPR RI, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/11/2012). Rapat yang juga dihadiri Ketua BP Migas, R Priyono, Menteri ESDM, Jero Wacik, dan Dirut PLN, Nur Pamudji, meminta penjelasan dan verifikasi kepada mantan Direktur Utama PLN, Dahlan Iskan, atas audit Badan Pemeriksa Keuangan, terkait temuan inefisiensi PLN sebesar Rp 37 triliun.

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat meminta keterangan Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan soal pencabutan dua nama anggota Dewan yang diduga melakukan pemerasan terhadap direksi BUMN. Dahlan berdalih ada kesalahan pencantuman nama karena tidak ada notulensi di dalam pertemuan antara anggota Dewan dan direksi BUMN yang diindikasikan sebagai upaya pemerasan itu.


"Nggak selalu (revisi). Hanya sekali. Waktu itu kan dalam satu forum, tidak ada notulennya, tidak ada absensinya," ujar Dahlan, Rabu (21/11/2012), saat mendatangi Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. Saat ditanyakan lebih lanjut asal-muasal nama itu, Dahlan enggan menjelaskan.


Ia hanya menuturkan bahwa semuanya sudah disampaikan secara jelas oleh tiga direksi BUMN, yakni PT Merpati Nusantara Airlines (MNA), PT Garam, dan PT PAL Indonesia. "Sudah dijelaskan seluruhnya," kata Dahlan.


Ia menuturkan dirinya tidak gentar meski banyak politisi yang mengecamnya lantaran menuding tanpa bukti. Dahlan berdalih penjelasan yang disampaikan direksi BUMN sudah bisa dijadikan bukti yang cukup kuat. "Saya kira apa yang disampaikan direksi BUMN kemarin sudah merupakan bukti yang kuat. Kalau yang seperti itu belum dianggap, saya nggak tahulah, pemberantasan korupsi ini harus bagaimana," ujar Dahlan.


Lalu, apakah Dahlan akan melanjutkan laporannya ini ke KPK?


"Kita lihat saja perkembangannya. Ini kan saya ke BK nggak melaporkan, tetapi diminta," kata Dahlan lagi.


Pada pemanggilan BK pertama kali, Dahlan menyerahkan tiga kasus pemerasan terhadap tiga direksi BUMN. Salah satu BUMN yang sempat dimintai jatah adalah PT Merpati Nusantara Airlines. Direksi Merpati sempat menjanjikan akan memberikan success fee terhadap anggota Dewan terkait permohonan peningkatan dan penyertaan modal negara.


Di dalam kasus permintaan jatah ke Merpati ini, Dahlan menyerahkan enam nama anggota Komisi XI, yakni Sumaryoto, Achsanul Qosasi, Andi Timo Pangerang, M Ichlas El Qudsi, Linda Megawati, dan Andi Rachmat. Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines Rudy Setyopurnomo mengklarifikasi bahwa M Ichlas El Qudsy dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dan Andi Timo Pangerang dari Fraksi Partai Demokrat sama sekali tidak terlibat kasus itu.


"Yang saya laporkan ke BK itu ada dua. Satu Ibu Timo Pangerang dan M Ichlas El Qudsy yang tidak hadir dalam pertemuan tanggal 1 Oktober di DPR itu," ujar Rudy, Selasa (20/11/2012), di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.


Rudy mengatakan, dirinya sama sekali tidak menyampaikan hal lain dalam pemanggilan BK kali ini. Ia menjelaskan apa yang sudah dilaporkan Dahlan sebelumnya. Ia pun mengakui bahwa ada upaya pemerasan terhadap Merpati.


"Ada beberapa ya, tapi saya inginkan lebih bersih dan profesional. Saya tidak menuduh apa-apa kok. Pembahasannya tentang laporan kejadian. Tanya BK," ucap Rudy yang langsung buru-buru pergi meninggalkan gedung DPR.


Baca juga:
Dirut Merpati Pastikan 2 Politisi Tak Memeras
Besok, BK DPR Panggil Anggota Dewan Terduga Pemeras BUMN
BK Terima Dua Nama Baru yang Diduga Pemeras BUMN
BK: Dirut PT PAL Terima SMS Pemerasan
Inilah Awal Mula Kisruh Kongkalikong BUMN ...


Berita-berita terkait lainnya dalam topik:
Kongkalikong di Kementerian
Dahlan Iskan Versus DPR

Dan, berita terhangat Nasional dalam topik:
Geliat Politik Jelang 2014













Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Alasan Dahlan Iskan Cabut 2 Oknum yang Diduga Pemeras BUMN

Dengan url

http://terapialamind.blogspot.com/2012/11/ini-alasan-dahlan-iskan-cabut-2-oknum.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Alasan Dahlan Iskan Cabut 2 Oknum yang Diduga Pemeras BUMN

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Alasan Dahlan Iskan Cabut 2 Oknum yang Diduga Pemeras BUMN

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger