Empat Kecamatan Langganan Banjir Dapat Pompa Gratis

Written By Unknown on Kamis, 24 Januari 2013 | 13.50


JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak empat kecamatan di Jakarta Timur yang kerap dilanda banjir mendapatkan bantuan lima unit pompa air portabel. Bantuan tersebut diberikan Pemerintah Kota Jakarta Timur, Kamis (24/1/2013), melalui Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Timur. Lima unit pompa air portabel itu diberikan masing-masing satu unit di Kecamatan Cakung, satu unit di Kecamatan Pasar Rebo, satu unit di Kecamatan Kramat Jati, dan dua unit di Kecamatan Jatinegara.

Seusai menyerahkan pompa tersebut kepada warga di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Wali Kota Jakarta Timur HR Krisdianto mengatakan, pompa tersebut bukan disediakan untuk menyedot air akibat banjir, tetapi untuk membersihkan rumah dari lumpur.

"Untuk membersihkan lumpur pascabanjir, disemprot pakai pompa itu. Selain itu, juga siaga kalau ada kebakaran sekaligus untuk pemadam," ujarnya, Kamis (24/1/2013).

Wilayah Kampung Pulo merupakan wilayah pasang surut air di Sungai Ciliwung. Jika muka air naik akibat hujan di wilayah Bogor, Jawa Barat, Kampung Pulo dipastikan tergenang. Namun, jika Jakarta diguyur hujan deras, ratusan rumah di area Kampung Pulo tak kebanjiran sama sekali.

Oleh sebab itu, kata Krisdianto, pompa bantuan pemerintah kota tersebut bukanlah untuk menyedot air akibat banjir karena air akan surut dengan sendirinya. Karena itu, pompa portabel itu dapat juga digunakan bagi area yang masih tergenang walaupun air di Ciliwung telah surut.

"Untuk genangan air mati juga bisa. Jadi, kalau masih ada genangan, bisa dipakai. Kalau dipakai saat Kampung Pulo lagi banjir, air mau dibuang ke mana, kan buang-buang bensin," lanjutnya.

Krisdianto berharap agar warga di empat kecamatan dapat memanfaatkan pompa portabel tersebut dengan sebaik mungkin agar dapat meminimalisasi dampak musibah banjir di daerahnya. 






Editor :


Inggried Dwi Wedhaswary









Anda sedang membaca artikel tentang

Empat Kecamatan Langganan Banjir Dapat Pompa Gratis

Dengan url

http://terapialamind.blogspot.com/2013/01/empat-kecamatan-langganan-banjir-dapat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Empat Kecamatan Langganan Banjir Dapat Pompa Gratis

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Empat Kecamatan Langganan Banjir Dapat Pompa Gratis

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger