Rapimnas Demokrat Tak Ubahnya Konsolidasi Semu

Written By Unknown on Senin, 18 Februari 2013 | 13.48




Krisis Demokrat


Rapimnas Demokrat Tak Ubahnya Konsolidasi Semu





Penulis : Dian Maharani | Senin, 18 Februari 2013 | 13:17 WIB













JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat yang digelar pada Minggu (17/201013) di Hotel Sahid, Jakarta, dinilai tidak memecahkan masalah secara signifikan. Pandangan untuk menyelamatkan partai masih terpecah-belah antara kubu Ketua Dewan Pembina Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum Anas Urbaningrum.


"Rapimnas landai dan biasa saja, hanya sekedar momentum penandatanganan pakta integritas. Tapi tidak menyelesaikan persoalan sesungguhnya. Perbedaan mendasar terkait cara menyelamatkan partai tetap terbelah," ujar pengamat politik Hanta Yudha saat dihubungi, Senin (18/2/2013).


Dua kubu tersebut dinilai tetap kuat. Kubu yang menginginkan Anas mundur tetap ada, dan sebaliknya kubu yang mempertahankan Anas hingga status hukum jelas di KPK juga tetap bertahan. Menurutnya, selain menjadi momentum konsolidasi dan penandatanganan pakta integritas, ajang Rapimnas menjadi potret bagi masing-masing kubu untuk melakukan pemetaan kekuatan politik masing-masing. Matahari kembar, yakni SBY dan Anas, masih sama-sama memiliki kekuatan di internal partai.


"Jadi Rapimnas kemarin terus terang hanya 'konsolidasi semu'. Matahari kembar masih sama-sama kuat cahayanya. Jadi ini belum happy ending atau antiklimaks," terangnya.


Rapimnas yang berlangsung siang hingga sore berlangsung lancar. Tidak ada wacana kongres luar biasa (KLB) untuk melengserkan Anas sebagai Ketua Umum. Namun, sikap yang menginginkan Anas mundur tetap ada seperti yang dikatakan Ketua Pusat Pengembangan Strategi dan Kebijakan DPP Partai Demokrat Ulil Abshar Abdalla. Meski ditegur oleh SBY, Ulil tetap pada sikapnya yang menginginkan nahkoda baru di PD.


Selain itu, politisi Demokrat Ruhut Sitompul juga tetap meminta Anas legowo untuk mundur. Setelah Rapimnas, anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Syarifuddin Hasan mengatakan, elektabilitas Demokrat ditargetkan menjadi 15 persen pada empat atau enam bulan mendatang. Sebelumnya, kisruh internal di Partai Demokrat lantaran elektabilitasnya yang anjlok berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yakni hanya 8,3 persen suara dukungan bagi partai pemenang Pemilu 2009 ini.


Selengkapnya, ikuti di topik pilihan:
Krisis Demokrat



















Anda sedang membaca artikel tentang

Rapimnas Demokrat Tak Ubahnya Konsolidasi Semu

Dengan url

http://terapialamind.blogspot.com/2013/02/rapimnas-demokrat-tak-ubahnya.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rapimnas Demokrat Tak Ubahnya Konsolidasi Semu

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rapimnas Demokrat Tak Ubahnya Konsolidasi Semu

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger