Sutiyoso: PKPI Lolos tapi Tak Kebagian "Nomor Cantik"

Written By Unknown on Rabu, 06 Februari 2013 | 13.48


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Sutiyoso mengapresiasi keputusan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) yang menyatakan partainya berhak menjadi peserta Pemilu 2014. Namun, kata Sutiyoso, partainya sudah tak kebagian "nomor cantik". Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melakukan pengundian nomor urut bagi 10 partai politik nasional dan tiga parpol lokal Aceh, beberapa waktu lalu.

"Kami tidak tahu akan dapat nomor berapa, nomor yang cantik semua sudah dikasih ke parpol yang sebelumnya lolos," kata Sutiyoso dalam jumpa pers, di Jakarta, Rabu (6/2/2013).

Ia berharap, Bawaslu akan memberikan hak pada PKPI untuk mencari nomor urut yang dianggap cocok. Selain itu, kata Sutiyoso, partainya juga meminta Bawaslu untuk memulihkan hak-hak PKPI lainnya. Sutiyoso menilai hal ini sudah seharusnya menjadi pelajaran bagi KPU dalam pemilu ke depan.

"Saya harap dalam pemilu selanjutnya masalah sengketa pemilu tidak terulang. Sebab, hal itu akan merugikan partai yang sebelumnya dinyatakan tidak lolos," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Namun, Sutiyoso tetap menaruh hormat pada KPU. Menurutnya, KPU telah membuka diri dan bersikap transparan. Adanya kesalahan KPU tersebut, menurut dia, adalah hal yang wajar. Sebab, organ KPU dari tingkat pusat hingga daerah adalah manusia biasa, begitu juga dengan partai politik.

"Kami juga manusia biasa yang bisa membuat kesalahan dan kekeliruan. Inilah gunanya ada Bawaslu, dan setelah dilakukan mediasi sampai adjudikasi ternyata menghasilkan hal seperti ini," kata dia. 

Seperti diberitakan, PKPI adalah 1 dari 18 parpol yang gugur dalam verifikasi faktual KPU. Pada saat itu PKPI dinyatakan tidak lolos pemilu. Namun, PKPI berhasil memenangkan sidang ajudikasi yang dilakukan Bawaslu dan lolos menjadi pemilu 2014.

Baca juga berita terkait dalam topik:
Parpol Peserta Pemilu 2014






Editor :


Inggried Dwi Wedhaswary









Anda sedang membaca artikel tentang

Sutiyoso: PKPI Lolos tapi Tak Kebagian "Nomor Cantik"

Dengan url

http://terapialamind.blogspot.com/2013/02/sutiyoso-pkpi-lolos-tapi-tak-kebagian.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sutiyoso: PKPI Lolos tapi Tak Kebagian "Nomor Cantik"

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sutiyoso: PKPI Lolos tapi Tak Kebagian "Nomor Cantik"

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger