Wapres Minta Bank Sentral Introspeksi

Written By Unknown on Rabu, 08 Mei 2013 | 13.41


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden RI Boediono meminta Bank Indonesia (BI) untuk introspeksi setiap kebijakan terkait stabilisasi tingkat inflasi, sehingga tingkat inflasi ke depan akan sesuai dengan target yang telah ditentukan.


Wapres menyatakan selama ini, pemerintah pusat memang telah berupaya melakukan stabilisasi tingkat inflasi. Namun, pemerintah pusat nantinya juga meminta bantuan ke setiap pemerintah daerah untuk melakukan kebijakan serupa, agar inflasi di daerah bisa terkendali dan tidak mengganggu inflasi secara nasional.


"Kami meminta agar Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) bisa lebih efektif lagi. Jangan lupa selalu dilihat format, agenda rapat, monitoring dan dampaknya apakah sudah jelas atau belum, apakah sudah di-follow up atau belum. Kami minta semua diintrospeksi," kata Boediono saat memberi sambutan di Rakornas Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Hotel Sahid Jakarta, Rabu (8/5/2013).


Saat ini, inflasi memang sangat tergantung kepada faktor dominan yaitu kondisi logistik di tanah air. Bagaimanapun, inflasi adalah perpaduan interaksi arus uang dan barang. Namun, untuk persoalan arus uang sudah menjadi tanggung jawab bank sentral, sedangkan arus barang dikendalikan oleh semua pihak hingga menjadi urusan pemerintah daerah.


Dalam hal logistik, Boediono mengingatkan bahwa hal tersebut juga sangat dipengaruhi oleh kondisi infrastruktur di daerah masing-masing. Bagaimanapun, kondisi infrastruktur yang memadai akan memperlancar jalur distribusi antara konsumsi dan produksi.


"Sehingga ini perlu dilihat lagi, mana yang belum nyambung. Untuk infrastruktur besar perlu ada kerjasama antara swasta dan BUMN. Namun untuk infrastruktur di desa akan menjadi tanggung jawab pemerintah," tambahnya.


Boediono juga mengingatkan bahwa kondisi logistik di sektor yang besar, khususnya di sektor manufaktur dan jasa juga perlu diwaspadai. Sebab bila ada gangguan di sektor tersebut, maka dampak ke tingkat inflasi juga besar.






Editor :


Bambang Priyo Jatmiko









Anda sedang membaca artikel tentang

Wapres Minta Bank Sentral Introspeksi

Dengan url

http://terapialamind.blogspot.com/2013/05/wapres-minta-bank-sentral-introspeksi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Wapres Minta Bank Sentral Introspeksi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Wapres Minta Bank Sentral Introspeksi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger