4 Calon Batal Ikut Konvensi, Cita-cita Demokrat Bisa Gagal

Written By Unknown on Jumat, 30 Agustus 2013 | 13.48






JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrat dinilai harus bersiap menanggung risiko. Batal ikutnya sejumlah peserta undangan Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat dinilai akan membuat gengsi ajang penjaringan calon presiden ini semakin turun.

"Dengan mundurnya para peserta ini, ya berkuranglah gengsi dari Konvensi Partai Demokrat," Kata Pakar Psikologi Politik dari Universitas Indonesia Hamdi Moloek saat dihubungi Kompas.com dari Jakarta, Jumat (30/8/2013).

Padahal, menurutnya, salah satu tujuan Partai Demokrat menggelar konvensi adalah untuk menaikkan citra partai yang sudah mulai rusak karena banyaknya kader partai yang terjerat kasus korupsi. Dengan mundurnya para peserta dari konvensi ini, maka tujuan tersebut bisa jadi gagal tercapai.

"Kan konvensi ini untuk menaikkan citra. Kalo dihadiri tokoh terkemuka, citra Partai Demokrat bisa naik. Tapi kalau mundur begini bagaimana?" kata Hamdi.

Bahkan menurut Hamdi, jika peserta kuat lainnya seperti Dahlan Iskan juga nantinya ikut mundur, Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat ini hanya menyisakan kandidat kelas RT/RW saja.

"Sekarang Pak JK (Jusuf Kalla) sudah menolak. Mahfud juga batal. Tiba-tiba dahlan nanti mundur juga, wah ini yang ikut konvensi sisanya kelas RT/RW saja," kata Hamdi.

11 nama calon



Seperti diberitakan, tahap Pra-Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat yang digelar sejak Sabtu (24/8/2013) telah selesai. Proses ini menyisakan 11 nama. Padahal, sebelum menggelar pra-konvensi, ada 15 nama yang disebut diundang untuk ikut.

Di hari terakhir penyelenggaraan pra-konvensi, Kamis (29/8/2013), tiga orang menyatakan batal ikut. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, yang kali pertama menyatakan membatalkan keikutsertaannya. Mahfud memasuki ruang pra-konvensi sekitar 15 menit untuk membacakan surat keputusannya. Ia mengaku batal ikut karena mekanisme konvensi yang belum jelas.

Setelah Mahfud, Direktur Utama Lion Air Rusdi Kirana juga memutuskan tidak mengikuti konvensi. Rusdi menyampaikan langsung keputusannya kepada komite. Dengan bahasa yang diperhalus, Rusdi mengaku menunda keikutsertaannya pada konvensi lantaran ingin fokus pada bisnisnya. Selanjutnya, mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Rustriningsih, juga memutuskan untuk tidak mengikuti konvensi karena masih ingin fokus berkarier dan mengurus keluarga di kampung halamannya, Jawa Tengah.

Sementara itu, satu nama lain, yang disebut diundang dalam konvensi ini, yaitu Bupati Kutai Timur Isran Noor, justru tidak terjadwal dalam tahap pra-konvensi. Komite Konvensi enggan menyebutkan alasan terkait tak adanya nama Isran. Juru Bicara Komite Rully Charis menyatakan, pihaknya tidak pernah menyebut nama-nama peserta yang akan mengikuti pra-konvensi, termasuk Isran Noor.




Editor : Caroline Damanik







Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:











Anda sedang membaca artikel tentang

4 Calon Batal Ikut Konvensi, Cita-cita Demokrat Bisa Gagal

Dengan url

http://terapialamind.blogspot.com/2013/08/4-calon-batal-ikut-konvensi-cita-cita.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

4 Calon Batal Ikut Konvensi, Cita-cita Demokrat Bisa Gagal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

4 Calon Batal Ikut Konvensi, Cita-cita Demokrat Bisa Gagal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger