Dikecam, Sikap Pemarah Li Na

Written By Unknown on Kamis, 22 Agustus 2013 | 13.41






BEIJING, Kompas.com -  Petenis idola China, Li Na mendapat kritik tajam dari media negaranya karena dianggap bersikap tidak ramah terhadap media.

Li Na, 31, menjadi petenis pujaan negaranya setelah mampu menjadi juara turnamen grand slam Perancis Terbuka pada 2011. Namun kebiasaan Li Na mengumbar emosi saat  menghadapi kekalahan membuat dirinya menjadi sasaran kecaman.

Seperti saat ia menanggapi pertanyaan jurnalis Wang Zijiang dari kantor berita Xinhua usai kekalahnnya di babak kedua Perancis Terbuka serta perempatfinal Wimbledon. Saat itu, Zijiang bertanya apakah Li Na ingin menyampaikan pesan kepada para penggemar di Cina.

"Saya kalah dan itulah yang terjadi.  Apakah karena itu saya harus berlutut dan kowtow (soja) kepada mereka? Harus meminta maaf kepada mereka?" kata Li Na saat diwawancara di Paris. Saat mengalami kekalahan di Wimbledon sebulan kemudian, Li Na juga menanggapi sinis pertanyaan serupa dari Zijiang. "Berani benar dia? Nggak malu ya?"

Gaya Li Na memang  berbeda dengan  atlet-atlet China lainnya yang selama ini berada dalam sistem pembinaan olah raga China yang tertutup. Para atlet China biasanya  jarang berekspresi dan cenderung tertutup terhadap media.

Wang Zijinag, jurnalis yang berkedudukan di London mengaku sempat kaget dengan reaksi Li Na.  Menurutnya, posisi Li Na memang sangat penting buat media China, sehingga seringkali media China hanya mengikuti keinginan bintang tenis tersebut.

"Banyak yang mengajukan pertanyaan hanya untuk menyenangkan dia. Ini yang membuat Li Na terkadang meremehkan media (China)," kata Wang.  "Li Na terpengaruh dengan kondisi media ini. Ia sering bersikap kekanakan saat berhadapan dengan media."

Zhang Rongfeng, kolumnis olah raga Xinhua menyebut Li Na memiliki kepribadian labil. "Saat ia menang, sikapnya baik. Namun bila kalah, ia membawa sikap buruknya di lapangan ini saat bertemu dengan media."




Editor : Tjahjo Sasongko















Anda sedang membaca artikel tentang

Dikecam, Sikap Pemarah Li Na

Dengan url

http://terapialamind.blogspot.com/2013/08/dikecam-sikap-pemarah-li-na.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dikecam, Sikap Pemarah Li Na

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dikecam, Sikap Pemarah Li Na

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger