Puluhan Jenis Kesenian Aceh Musnah

Written By Unknown on Sabtu, 08 November 2014 | 13.20


Banda Aceh - Dewan Kesenian Aceh (DKA) menyatakan puluhan jenis kesenian di provinsi ujung barat Indonesia tersebut musnah karena tergilas zaman. Hal ini jadi perhatian para seniman asli Aceh.


"Dari seratusan jenis kesenian Aceh yang terdata, kini tersisa 30-an jenis kesenian. Puluhan jenis lainnya sudah musnah," ujar Ketua DKA T Kamal Sulaiman di Banda Aceh, Sabtu.


Menurut Kamal, berdasarkan buku Snouck Hurgronje, cendekiawan Belanda akhir abad 18, yang pernah menulis tentang Aceh, ada 126 kesenian Aceh sejak keberadaannya. Berdasarkan buku,  DKA menelusuri kembali seratusan jenis kesenian Aceh sejak sepuluh tahun terakhir. Hasilnya, jenis kesenian yang musnah lebih banyak ketimbang yang tersisa.


"Ini terjadi karena tidak ada pelaku-pelaku seni yang membudayakannya. Misalnya semasa perjuangan melawan penjajahan, fase mempertahankan kemerdekaan, konflik Aceh, hingga tsunami yang melanda Aceh pada 2004 silam," kata da.


Selain yang musnah, Kamal juga memperkirakan banyak kesenian yang belum tergali. Kesenian yang belum tergali ini umum berada di daerah pedalaman ataupun terpencil.


Banyak juga kesenian Aceh yang takut dimunculkan karena bertentangan dengan pandangan hidup masyarakat. Kesenian seperti ini biasanya berasal dari masa sebelum Islam masuk ke Aceh.


"DKA terus berupaya menjaga jangan sampai kesenian-kesenian Aceh yang tersisa ini ikut musnah. Karena itu, kami mengajak seluruh elemen masyarakat turut bersama-sama menjaga dan melestarikan kesenian Aceh agar tidak musnah," kata T Kamal Sulaiman.


Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Reza Fahlevi mengatakan ancaman kepunahan kesenian tersebut tetap ada. Oleh karena itu, kesenian ini perlu dilindungi.


"Kepunahan kesenian ini terjadi karena salah urus dan kurang pedulinya masyarakat karena perkembangan jangan yang modern sekarang itu. Seharusnya, hal seperti ini tidak terjadi, sehingga kesenian itu tetap terjaga," ujar Reza.


Karena itu, lanjut dia, Pemerintah Aceh terus berupaya menyelamatkan kesenian-kesenian yang tersisa tersebut dengan jalan meningkatkan dan pengembangan sumber daya manusianya.


"Pengembangan dan peningkatan kualitas kesenian maupun sumber daya manusia menjadi prioritas pemerintah daerah, sehingga meningkatkan kepedulian masyarakat," kata Reza Fahlevi.


Penulis: /MUT


Sumber:Antara


Anda sedang membaca artikel tentang

Puluhan Jenis Kesenian Aceh Musnah

Dengan url

http://terapialamind.blogspot.com/2014/11/puluhan-jenis-kesenian-aceh-musnah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Puluhan Jenis Kesenian Aceh Musnah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Puluhan Jenis Kesenian Aceh Musnah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger