"Voice from Asmat" Perpaduan Musik dan Dokumenter

Written By Unknown on Senin, 22 Desember 2014 | 13.18


Jakarta – Sebuah asa dari pedalaman. Hanya hutan, sungai, dan rawa yang mengelilingi seluruh lahan. Bilah demi bilah papan menjadi titian harapan.


Kalimat di atas merupakan sekilas kisah yang terekam dalam video dokumenter yang mengisahkan tentang kehidupan suku Asmat yang bergulat dengan modernisasi.


Video persembahan Dodid Wijanarko & Friend’s berjudul "Voice from Asmat-Documentary & Music: The River's Song" itu dipertunjukkan di Auditorium Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta, Minggu (21/12).


“Kami memang mengangkat budaya asli Indonesia yaitu suku Asmat dalam video dokumenter dan melengkapinya dengan musik. Semoga menghibur dan menambah pengetahuan para penonton yang datang menyaksikan mengenai suku Asmat,” ujar Dodid Wijanarko.


Pertunjukan yang berlangsung pada pukul 15.00 WIB ini memiliki konsep mengabungkan video dokumenter dan pertunjukan musik yang dimainkan secara akustik.


Rangkaian video dokumenter yang digarap secara apik oleh pembuat film dokumenter Dodid Wijanarko mengantarkan setiap orang menyelami relung kehidupan Suku Asmat. Ada pula yang video yang memperlihatkan kehidupan masyarakat di atas papan, rawa, sungai, dan hutan. Serta membedah dunia pendidikan dan anak Asmat.


Video itu semakin hidup sembari diiringi gubahan lagu yang memadukan rasa etnik dalam genre musik pop. Lagu Matahari, yang merupakan sebuah lagu tradisi Asmat bercerita mengenai penghormatan kepada matahari yang dianggap sebagai pemberi kehidupan dan menjadi pusat dalam setiap sendi kehidupan suku Asmat.


Selain itu, lagu Poewara, mengisahkan kegiatan mendayung bersama. Juga Diwi Allah yang merupakan gubahan lagu religi dalam bahasa Asmat dengan sentuhan pop, menceritakan sosok ibu sang pemberi kehidupan, dan Aku Asmat, sebuah lagu karya Dodid Wijanarko yang diaransemen oleh Putri Soesilo.


Penulis: Eko Priyatmono/EPR


Sumber:PR


Anda sedang membaca artikel tentang

"Voice from Asmat" Perpaduan Musik dan Dokumenter

Dengan url

http://terapialamind.blogspot.com/2014/12/from-asmat-perpaduan-musik-dan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

"Voice from Asmat" Perpaduan Musik dan Dokumenter

namun jangan lupa untuk meletakkan link

"Voice from Asmat" Perpaduan Musik dan Dokumenter

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger