Buruh Wanita Titip Surat untuk Jokowi

Written By Unknown on Sabtu, 16 Februari 2013 | 13.50





Buruh Wanita Titip Surat untuk Jokowi





Penulis : Robertus Belarminus | Sabtu, 16 Februari 2013 | 13:27 WIB













JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan buruh wanita yang melakukan aksi demonstrasi di depan Balai Kota DKI Jakarta akhirnya membubarkan diri dengan tertib. Namun sebelum bubar, mereka menitipkan surat untuk Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.


Surat tersebut dititipkan mereka kepada sekuriti Balaikota DKI Jakarta bernama Bambang Irawan. Sebab, mereka tidak bisa menemui Jokowi yang sedang cuti untuk menjadi juru kampanye pasangan Cagub-Cawagub Jawa Barat Rieke-Teten di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (17/2/2013). Sementara, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama juga tidak ke kantor karena libur.


"Ada lima surat yang dititipkan. Perihal tentang penolakan penangguhan upah. Ini akan langsung diserahkan ke sekretariat Pak Gubernur," kata Bambang, usai menerima surat dari buruh, di depan Balaikota DKI Jakarta, Sabtu (16/2/2013).


Menurutnya, setelah diberikan kepada bagian sekretariat, surat tersebut akan diserahkan pada Gubernur saat hari kerja nanti. "Rencananya dikasih hari Senin. Sebenarnya kalau di luar hari kerja (pun), kalau Pak Gubernur ada waktu langsung diterima (Jokowi). Kan sudah sering terjadi," ujar Bambang.


Sementara Jumisih, Ketua Forum Buruh Lintas Pabrik menuturkan, surat tersebut berisikan pernyataan dari buruh berupa bubuhan tanda tangan dan juga bukti bahwa buruh di KBN Cakung mendapat intimidasi dari pihak perusahaan tempat mereka bekerja terkait masalah penangguhan upah.


"Mereka dipaksa tanda tangan dari perusahaan untuk penangguhan upah," kata Jumisih.


Setelah selesai memberikan surat yang terdiri dari empat amplop map surat berwarna cokelat dan satu amplop surat berwarna putih, buruh kemudian membubarkan diri. Aksi buruh yang terdiri dari ratusan wanita itu berlangsung tertib dan mendapat pengawalan petugas kepolisian.


Mereka merupakan buruh yang tergabung dari Forum Buruh Lintas Pabrik (FBLP), Solidaritas Perempuan Mahardika, Serikat Mahasiswa Pembebasan, dan Serikat Buruh Transportasi Indonesia. Selain di Balaikota DKI Jakarta, mereka juga sebelumnya melakukan aksi di Bundaran Hotel Indonesia (HI) di Jakarta Pusat.






Editor :


Ana Shofiana Syatiri















Anda sedang membaca artikel tentang

Buruh Wanita Titip Surat untuk Jokowi

Dengan url

http://terapialamind.blogspot.com/2013/02/buruh-wanita-titip-surat-untuk-jokowi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Buruh Wanita Titip Surat untuk Jokowi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Buruh Wanita Titip Surat untuk Jokowi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger