Basuki Pakai \"Pagar Ayu\" untuk Jaga PKL

Written By Unknown on Senin, 12 Agustus 2013 | 13.50






JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah melontarkan konsep Tom and Jerry dalam menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL), kini Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengeluarkan analogi baru dalam menertibkan PKL, yaitu konsep pagar ayu. Konsep pagar ayu yang dimaksud yakni DKI terus membentuk barisan, menjaga lokasi, agar PKL tidak lagi berdagang di luar pasar.

"Jadi, kita itu dipaksa menjadi pagar ayu. Pagar ayu 24 jam dengan 7 juta pasukan menunggu Jakarta. Ha-ha-ha...," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Senin (12/8/2013).

Kendati demikian, dalam menjalankan tugas sebagai pagar ayu, salah satu tujuannya adalah untuk menegakkan peraturan yang telah lama mati. Apabila para pedagang dan warga masih tidak mengetahui peraturan yang berlaku, maka pagar ayu itu tidak akan berfungsi apa-apa.

Oleh karena itu, ia berupaya untuk menegakkan kembali peraturan yang ada dengan memberi tindakan tegas kepada PKL yang masih bertahan berdagang di jalan. Misalnya, para PKL yang ngeyel langsung dikenakan tindak pidana ringan (tipiring) dan dikenakan sanksi sesuai Perda Nomor 8 Tahun 2007.

"Kalau tidak pernah menegakkan Perda, artinya apa? Kamu kan melecehkan hukum sendiri, berarti Pemda juga melecehkan diri sendiri. Ngapain bikin Perda, pakai ancaman dan kurungan segala macam, kalau tidak berlaku," tegas dia.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menegaskan tugas personel Satpol PP menjaga lokasi PKL hingga 24 jam menjadi sia-sia, ketika tidak ada tindakan hukumnya. Pelanggaran oleh PKL ini tidak hanya ditemukannya di Tanah Abang saja. Namun juga di Roxy, Jakarta Barat.

Oleh karena itu, ia juga meminta agar Wali Kota setempat untuk tegas dan menginformasikan kalau tindakan mereka dapat berakibat kurungan. "Mulai hari ini, kalau mereka dagang di jalan lagi, kita pidanakan. Kalau enggak, ya mau jadi pagar ayu lagi. Saya menjalankan hukum berdasarkan kesepakatan bersama lho," kata Basuki.




Editor : Ana Shofiana Syatiri


















Anda sedang membaca artikel tentang

Basuki Pakai \"Pagar Ayu\" untuk Jaga PKL

Dengan url

http://terapialamind.blogspot.com/2013/08/basuki-pakai-ayu-untuk-jaga-pkl.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Basuki Pakai \"Pagar Ayu\" untuk Jaga PKL

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Basuki Pakai \"Pagar Ayu\" untuk Jaga PKL

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger